1. Stephen Covey
1996, ada 6 ciri kepribadian yang dimiliki seorang leader / pemimpin. Sebutkan
secara ringkas!
Jawab :
- Jadilah proaktif
- Merujuk pada tujuan pemimpin dengan proses : perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan (POAC)
- Dahulukan yang utama hendaknya lebih cermat, cepat dalam mengatasinya
- Jangan mau menang sendiri atau diktator
- Memahami dulu kemudian dipahami
- Wujudkan sinerji organisasi.
2. Jelaskan apa yang
saudara pahami tentang potensi diri?
Jawab :
persepsi seseorang
thd dirinya dirinya yang terbentuk melalui pengalaman dan interaksi
dglingkungan dan mendapat pengaruh dr orang2 yang dianggap penting, 3 (tiga)
komponen : Diri ideal (self ideal), Citra diri (self image), Harga diri (self
esteem) komponen yang bersifat emosional (paling penting menentukan sikap dan kepribadian)
3. Kode etik
aparatur pemerintah secara keseluruhan harus ditetapkan oleh kepala
pemerintahan. Mengapa? Jelaskan
Jawab :
Karena kepala
pemerintahan merupakan sebagai pimpinan yang mempunyai wewenang untuk
menetapkan kode etik tsb agar seluruh bawahan dapat taat dengan aturan yang
telah ditentukan. Kode etik merupakan sebagai acuan /pedoman dalam bersikap dan
bertindak dari seluruh jajaran organisasi pemerintahan dan pelanggarannya akan
membawa konsekuensi moral.
4. Sebut dan
jelaskan peran kepemimpinan untuk dpt menumbuhkan kecerdasan emosional di
tempat kerja
Jawab :
- Integritas Kepemimpinan yaitu Aspek integritas kepribadian ini selalu menjadi aspek yang paling kritis dalam pengembangan kemampuan kepemimpinan.
- Pribadi yang unggul : Daya saing kita sebagai bangsa atau aparatur yang hidup ditentukan oleh ke tiga unsur dalam daya saing (analisa lingkungan strategis internal maupun eksternal / inovasi / sifat keunggulan organisasi)
5. Administrasi
Pembangunan bersumber dari administrasi public dan administrasi pembangunan
adalah untuk negara2 yang sedang berkembang mengapa negara2 berkembang
diperlukan adanya administrasi public yang mampu menyelenggarakan pembangunan
menjadi persyarat bagi berhasilnya pembangunan jelaskan?
Jawab :
karena ada 2 sisi
batasan pengertian administrasi pembangunan tersebut sisi pertama mencakup
upaya untuk mengendali peran administrasi public dalam pembangunan. Sisi ke 2
mencakup kehendak untuk mempelajari dengan cara bagaimana membangun administrasi
Negara.
6. Jelaskan
konsep pemerintahan yang baik?
Jawab :
Pemerintahan yang
baik (good governance) adalah :penyelenggaraan pemerintahan Negara yang
solid dan bertanggungjawab, serta efisien dan efektif dg menjaga menyinergikan
interaksi yang konstruktif diantara komponen-komponen Negara, sector swasta dan
masyarakat.
Dalam PP No. 101/2000
disebuntukan prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik, yang terdiri dari
Profesional, Akuntabilitas, Tranparansi, Pelayanan Prima, Demokrasi, Efisiensi,
Efektifitas, Supermasi Hukum.
7. Apa manfaat
dari penghapusan dalam manajemen materiil?
Jawab : manfaat penghapusan
dalam manajemen adalah penghapusan barang milik Negara dari daftar barang
dengan membritakan keputusan dari pejabat yang berwewenang untuk membebaskan
pengguna barang dan atau Kuasa Pengguna Barang dari tanggung jawab administrasi
dan fisik barang yang berada dalam penguasaan pemanfataannya.
8. Jelaskan dg
singkat, apa yang saudara pahami tentang koordinasi dan bagaimana cara
mengimplementasikannya diantara aparatur pemerintah?
Jawab :
Koordinasi merupakan
upaya memadukan (mengintegrasikan), menyerasikan dan menyelaraskan berbagai
kepentingan dan kegiatan yang saling berkaitan beserta gerak, langkah, dan
waktunya dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran bersama.
Koordinasi di dalam
pemerintahan sangat diperlukan hubungan kerja baik bersifat internal atau di
lembaga itu sendiri maupun eksternal atau dengan lembaga lainnya. Tambahkan
contoh yang relevan.
9. Tujuan akhir
dari pelayanan adalah mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang berdaya untuk
mengurusi semua persoalannya langkah atau tindakan apa saja yang dilakukan
pemerintah agar tujuan tersebut tercapai jelaskan?
Jawab :
tugas pemerintah yaitu
melindungi masyarakatnya baik dari keamanan dan kepastian (hukum, sosial budaya
dan politik).
10. Menurut Kapner
Trigoe jika saudara menghadapi banyak masalah yang tumpang tindih dan saling
berbelit maka sulit bagi saudara bila memulai masalah tersebut?
Jawab :
Yaitu dengan cara
menguraikan terlebih dahulu dengan seksama satu per satu hal-hal apa yang
membuat kita risau. Teknik untuk merinci kerisauan inilah yang disebut dengan
penilaian situasi yang berguna untuk menilai situasi juga bermakna
mengindentifikasi prioritas masalah yang ada. Tahap-tahap penilaian situasi sbb
:
1) kenalilah kerisauan dalam
situasi yang menghendaki tindakan;
2) Memilah-milah kerisauan untuk
memusatkan perhatian pada hal-hal yang lebih spesifik;
3) tentukan kriteria2 prioritas
untuk mengatur urutan penyelesaian kerisauan2 tersebut melalui teknik MGD/USG;
4) Tentukan posisi kerisauan2 untuk
mengindentifikasi proses yang paling sesuai terhadap penyelesaiannya selanjutnya.
11. Sebuntukan
criteria keberhasilan dalam komunikasi?
Jawab :
kita harus memamhami
karakter seseorang yang diak komunikasi, sehingga apa yang kita sampaikan
terhadap orang lain atau yang diajak komunikasi bisa menyambung. Atau kata lain
kriterianya adalah
1) Kepercayaan penerima pesan
(komunikan) terhadap komunikator serta keterampilan komunikator berkomunikasi
(menyajikan isi komunikasi sesuai tingkat nalar komunikan;
2) daya tarik pesan dan kesesuan
pesan dengan kebutuhan komunikan;
3) Pengalaman yang sama tentang
isi pesan antara komunikator dan komunikan;
4) kemampuan komunikan menafsirkan
pesan, kesadaran dan perhatian komunikan akan kebutuhan atas pesan yang
diterima;
5) setting komunikasi yang
kondusif (nyaman, menyenangkan, menantang);
6) sistem penyampaian pesan
berkaitan dengan metode dan media yang sesuai dengan jenis indera penerima
pesan.
12. Mengapa suatu
organisasi memerlukan perencanaan strategis? jelaskan.
Jawab :
Perencanaan strategis
adalah suatu metoda untuk menggunakan secara bersama kekuatan internal dan
eksternal sehingga perubahan yang cukup berarti dapat dilakukan. Suatu organisasi
harus tetap memperhatikan faktor lingkungan yang mempengaruhinya, sehingga
perencanaan strategis bagi organisasi menekankan pada kerangka masa depan dengan
tetap memperhatikan peluang atau kesempatan baru. Tujuan akhirnya adalah untuk
meningkatkan keuntungan dan manfaat dari peningkatan keberhasilan organisasi. Perencanaan
strategis organisasi diterjemahkan melalui Visi, Misi, tujuan dan sasaran serta
program dan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi.
13. Ada berapa
tahapan perkembangan sistim informasi manajemen sebuntukan dan jelaskan?
Jawab :
Lima (5) tahap
perkembangan SIM sebagai berikut :
- SIM Tradisional; paling sederhana dan mengandalkan tenaga manusia
- SIM dengan dukungan EDP; sdh menggunakan komputer , untuk pengolahan data yang rutin, ex. Keuangan, kepegawaian, material
- SIM berdasarkan Komputer; pd tahap ini penggunaan komputer sudah terpadu, database, standar laporan
- SIM sebagai Sistem Penunjang keputusan; hardware, software , data base
- Sim sebagai Sistem Ahli; pd tahap ini sudah benar2 mengandalkan kemampuan komputer, dimana sudah bisa mendiagnosis masalah dan memberikan alternatif pemecahannya berserta pertimbangan2nya. Dimana Hardware dan software komputer sudah dilengkapi inteligensia buatan.
14. Apa yang
dimaksud dengan struktur umur dalam konsep pembangunan?
Jawab :
struktur umur
merupakan gambaran tentang komposisi penduduk menurut umur yang umumnya dibagi
atas kelompok umur yang paling muda sampai yang paling tua dengan interfal
setiap 5 tahun. Struktur umur bagi negara berkembang mempunyai
karakteristik yang mempunyai beberapa implikasi permasalahan yang
menyangkut proporsi penduduk usia kerja denga proporsi penduduk dibawah usia
kerja, laju pertumbuhan penduduk yang tetap tinggi walaupun angka kelahiran
telah sangat menurun, dan permasalahan pertumbuhan angkatan kerja yang relatif
tinggi dibandingkan negara maju. Karakteristik yang sangat menonjol adalah
proporsi penduduk di bawah 15 tahun dan di atas 15 tahun.
15. Sesuai dengan
Peraturan Pemerintah No 9 Tahun 2003 apa yang menjadi kewenangan pejabat
Pembina kepegawaian pusat kabupaten /kota dalam pengangkatan pemindahan dan
pemberhentian pegawai negeri sipil?
Jawab :
Rekruitmen pegawai pusat
dan pemerintah daerah haruslah berdasarkan kuota yang ditentukan oleh MENPAN
dan BKN yang telah disampaikan melalui MENDAGRI. Dalam hal pengangkatan,
pemindahan dan pemberhentian PNS harus memperhatikan proporsional kebutuhan
suatu daerah/ instansi pusat, sehingga tidak terjadi kelebihan PNS di suatu
daerah tetapi daerah lain terjadi kekuarangan.
16. Asas-asas
umum penyelenggaraan Negara merupakan acuan dalam penyelenggaraan Negara sebuntukan
dan jelaskan asas umum penyelenggaraan Negara tersebut?
Jawab :
1. Asas kepastian
hukum ,
2. Asas kepentingan umum ;
3. Asas keterbukaan;
4. Asas proposionalitas;
5. Asas profesionalitas ;
6. Asas akuntabilitas :
2. Asas kepentingan umum ;
3. Asas keterbukaan;
4. Asas proposionalitas;
5. Asas profesionalitas ;
6. Asas akuntabilitas :
17. Bagaimanakah
karangka berpikir didalam Pola Kerja terpadu sehingga mencapai efisensi dan
efektivitas sasaran kerja? jelaskan!
Jawab :
PKT adalah suatu
proses yang sistematis untuk mencapai tujuan organisasi melalui penetapan
sasaran kerja dan kemudian dirinci dalam paket kerja. 5 tahap proses PKT yaitu
1) memilih;
2) menetapkan;
3) menvalidasi;
4) mengwujudkan sasaran;
5) mengendalikan kegiatan.
Sehingga kerangka PKT adalah suatu sistem yang cukup ringkas untuk
dilaksanakan dalam lingkungan kerja.
18. Berikan uraian singkat bagaimana
Saudara dapat membangun dan mengembangkan budaya kerja yang baru di organisasi.
Jawab :
Budaya kerja baru
dapat kita bangun yaitu Seorang pemimpin harus dpt menciptakan suasana nyaman
dilingkungan kerja, mempunyai ide2 baru yang cerdas dan mencermati hal2 yang
sangat diperlukan dalam lembaga demi kemajuan lembaga tsb.
Komentar
Posting Komentar